WARTA BHAYANGKARA JAKARTA

WARTABHAYANGKARA.COM: JAKARTA -  Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana beserta Kapolres Metro Jakarta Timur KOMBES Pol Y. Tony Surya Putra, SIK, MH dan komandan Kodim 0505 Jakarta Timur LETKOL Infantri Anan Nurachman, SIP membuka peringatan Hari Buruh Internasional “May Day” 2018 kota Jakarta Timur di Halaman Kantor Walikota, Selasa (1/5/2018).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigarasi Jakarta Timur bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PMI Kota Jakarta Timur dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tersebut berlangsung cukup meriah, sedikitnya sebanyak 1.300 pekerja buruh dari beberapa elemen serikat Buruh di wilayah hukum kota Jakarta Timur yang dirangkai dengan berbagai kegiatan positif. Diantaranya, Olahraga dan Senam bersama, Bazar, Panggung Hiburan, Pengobatan Gratis (Pap Smear) dan Donor Darah serta Doorprize.

Hadir mendampingi Wali Kota, Sekretaris Kota Jakarta Timur Usmayadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Syofian Thahir, Para SKPD/UKPD dilingkungan Kota Jakarta Timur, Ketua Apindo Sadya Yasa, Ketua Forum Buruh Industri Pulogadung Tohenda. Pada kesempatan ini diserahkan bantuan sebesar Rp. 50 Juta yang diberikan terhadap 100 anak yatim dan dhuafa dengan masing-masing menerima sebesar Rp.500 ribu.

Bantuan tersebut merupakan bantuan melalui dana ZIS dari Bazis Jakarta Timur dalam meriahkan peringatan May Day 2018. Selain itu juga adanya pemberian santunan kepada ahli waris pekerja buruh yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja dengan pemanfaat program JKM dan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp. 60 Juta. Wali Kota mengatakan, pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan May Day di kantor Walikota Jakarta Timur. Menurutnya, biasanya kegiatan May Day identik dengan berdemo dijalan, saat ini diisi dengan berbagai kegaitan yang positif salah satunya bakti sosial.

“Ini tahun keempat dilakukan oleh Pemkot Jakarta Timur dalam peringati May Day sebagai upaya dalam memberikan wadah agar seluruh para pekerja dapat saling bersilaturahmi serta membangun semangat harmonisasi baik pekerja juga para pengusaha,” kata Bambang Musyawardana. Dijelaskan Wali Kota, seperti yang dijanjikan pada tahun sebelumnya, bahwa Pemkot Jakarta Timur akan terus menghelat peringatan hari buruh internasional ini dengan berbagai kemeriahan.”

Seperti apa yang telah dijanjikan bahwa kami ditingkat kota akan terus menggelar peringatan hari buruh dengan meriah. Sehingga semuanya dapat berpartisipasi untuk memberikan kontribusi dengan berbagai kegaiatan dan hadiah untuk para pekerja yang kita cintai ini,” ucap Bambang Musyawardana.

Namun demikian Walikota berpesan, dalam peringatan May Day, para pekerja agar tidak kemana-mana cukup menikmati hiburan dengan berbagai kegiatan yang telah disajikan di Kantor Walikota ini.” Saya berharap jangan kemana kemana lah disini saja ada hiburan.

Dan juga saya pesan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada,” ucap Bambang Musyawardana. Sementara itu Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigarasi Jakarta Timur.

Atok Baroni Hidayat menambahkan, tanggal 1 Mei merupakan Hari Buruh Internasional dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Dengan itu, Pemkot Jakarta Timur sebagai pembina memfasilitasi dan mengemas dengan berbagai kegiatan hiburan.” Dengan mengajak pekerja untuk berolahraga, senam kesehatan dan undian door prize dengan hadiah utama sepada Motor dari Kapolres Metro Jaktim KOMBES Pol Y Tony Surya Putra, SIK, MH. untuk mereka.

Tentunya ini diharapkan dapat dijadikan motivasi agar kesejahteraan buruh terus meningkat,” kata Atok Baroni Hidayat. 

Selain itu, Kapolres Metro Jakarta Timur KOMBES Pol Tony Surya Putra, SIK, MH mengatakan, dalam sisi keamanan helatan May Day 2018 kota Jakarta Timur bekerjasama dengan pihak kepolisian Polres Metro Jakarta Timur dan Dandim 0505 Jakarta Timur yang telah mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan kegiatan may day ini.

“Seluruhnya kami sebar. Adanya 1.700 personil yang telah terbagi disejumlah titik pengamanan,” kata KOMBES Pol Tony Surya Putra, SIK, MH. Senada dengan Kapolres, Dandim 0505 Jaktim LETKOL Inf Anan Nurachman mengungkapkan, diharapkan para buruh agar merayakan May Day 2018 ini dengan tertib dan menjaga citra buruh itu sendiri.

Sehingga tidak mudah terprofokasi dengan berbagai kepentingan yang sikfatnya kelompok maupun perorangan. “Kami berharap agar para buruh dapat senantiasa menjaga ketertiban selama kegiatan hari buruh ini berlangsung,” ucap LETKOL Inf Anan Nurachman. (Adhy/Wasiem)